Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
|
Metode
|
Media
|
Alat Evaluasi
|
2. Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia.
|
2.1 Menganalisis kehidupan awal masyarakat
Indonesia.
|
- Menyebutkan klasifikasi zaman logam di Indonesia.
- Mengidentifikasi karakteristik kehidupan sosial
masyarakat Indonesia pada zaman logam.
- Mengidentifikasi karakteristik kebudayaan
masyarakat Indonesia pada zaman logam.
- Mengidentifikasi karakteristik perekonomian
masyarakat Indonesia pada zaman logam.
- Mengidentifikasi karakteristik kepercayaan
masyarakat indonesia pada zaman logam.
- Mengidentifikasi perkembangan teknologi pengolahan
logam dalam masyarakat pra sejarah Indonesia dilihat dari peninggalan
hasil kebudayaannya.
- Menyebutkan hasil kebudayaan masyarakat Indonesia
pada zaman logam.
|
- Siswa dapat menyebutkan klasifikasi zaman logam di
Indonesia.
- Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik
kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada zaman logam.
- Siwa dapat mengidentifikasi karakteristik
kebudayaan masyarakat Indonesia pada zaman logam.
- Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik
perekonomian masyarakat Indonesia pada zaman logam.
- Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik
kepercayaan masyarakat indonesia pada zaman logam.
- Siswa dapat mengidentifikasi perkembangan teknologi
pengolahan logam dalam masyarakat pra sejarah Indonesia dilihat dari
peninggalan hasil kebudayaannya.
- Siswa dapat menyebutkan hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada zaman logam.
|
Ceramah interaktif
|
- Slide Show yang berisi materi yang berhubungan
dengan kehidupan masyarakat indonesia pada zaman logam.
- Gambar-gambar peninggalan kebudayaan masyarakat
pada zaman logam.
|
-
Tes Tertulis: berupa Pilihan Ganda dan Uraian
-
Tes lisan: berupa pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan pada saat proses pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
Menurut tabel di atas terlihat bahwa antara indikator, tujuan,
metode , media, dan alat evaluasi tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk
melakukan evaluasi, kita harus terlebih dahulu melihat indikator dan tujuan
pembelajaran, ini diperlukan untuk memilih metode apa yang akan digunakan,
media yang dibutuhkan apa saja, dan sekaligus untuk menentukan alat evaluasi
yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran bisa
berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar