Kamis, 29 Maret 2012

evaluasi


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Metode
Media
Alat Evaluasi
2. Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia.

2.1 Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia.

  1. Menyebutkan klasifikasi zaman logam di Indonesia.
  2. Mengidentifikasi karakteristik kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada zaman logam.
  3. Mengidentifikasi karakteristik kebudayaan masyarakat Indonesia pada zaman logam.
  4. Mengidentifikasi karakteristik perekonomian masyarakat Indonesia pada zaman logam.
  5. Mengidentifikasi karakteristik kepercayaan masyarakat indonesia pada zaman logam.
  6. Mengidentifikasi perkembangan teknologi pengolahan logam dalam masyarakat pra sejarah Indonesia dilihat dari peninggalan hasil kebudayaannya.
  7. Menyebutkan hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada zaman logam.

  1. Siswa dapat menyebutkan klasifikasi zaman logam di Indonesia.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada zaman logam.
  3. Siwa dapat mengidentifikasi karakteristik kebudayaan masyarakat Indonesia pada zaman logam.
  4. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik perekonomian masyarakat Indonesia pada zaman logam.
  5. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik kepercayaan masyarakat indonesia pada zaman logam.
  6. Siswa dapat mengidentifikasi perkembangan teknologi pengolahan logam dalam masyarakat pra sejarah Indonesia dilihat dari peninggalan hasil kebudayaannya.
  7. Siswa dapat menyebutkan hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada zaman logam.

Ceramah interaktif
  1. Slide Show yang berisi materi yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat indonesia pada zaman logam.
  2. Gambar-gambar peninggalan kebudayaan masyarakat pada zaman logam.

-          Tes Tertulis:  berupa Pilihan Ganda dan Uraian
-          Tes lisan: berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada saat proses pembelajaran.








Menurut tabel di atas  terlihat bahwa antara indikator, tujuan, metode , media, dan alat evaluasi tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk melakukan evaluasi, kita harus terlebih dahulu melihat indikator dan tujuan pembelajaran, ini diperlukan untuk memilih metode apa yang akan digunakan, media yang dibutuhkan apa saja, dan sekaligus untuk menentukan alat evaluasi yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar